Shopee Search Ads vs Discovery Ads, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Share:

Kamu punya toko di Shopee? Ingin toko kamu lebih ramai pengunjung? Menggunakan jasa iklan dari Shopee bisa jadi jawabannya. Di Shopee, ada beberapa jenis iklan yang bisa kamu pilih, dua di antaranya adalah Search Ads dan Discovery Ads.

Penasaran apa itu Search Ads dan Discovery Ads di Shopee? Lalu, yang mana yang lebih menguntungkan? Yuk, cari tahu selengkapnya di penjelasan berikut!

Apa Itu Search Ads dan Discovery Ads Shopee?

Search Ads dan Discovery Ads adalah dua jenis iklan yang disediakan Shopee untuk membantu kamu meningkatkan awareness publik terhadap suatu produk tertentu.

Selain Search Ads dan Discovery Ads, masih ada lagi jenis iklan lain yang ditawarkan Shopee. Misalnya seperti Display Ads dan Shop Search Ads. Dua jenis iklan ini membantu publik menemukan toko kamu (tidak hanya sekadar produk) di Shopee. Berbeda dengan Search Ads dan Discovery Ads yang fokusnya adalah di produk saja.

Kali ini, kita akan membahas mengenai Search Ads dan Discovery Ads. Apa beda dua jenis iklan ini dan mana yang lebih menguntungkan?

Shopee Search Ads 

Shopee Search Ads merupakan jenis iklan Shopee yang bisa kamu gunakan untuk menampilkan produk langsung di hasil pencarian keyword tertentu. Untuk setiap keyword, kamu perlu mengatur bid-nya masing-masing.

Apa itu biddingBidding adalah berapa biaya paling besar yang mau kamu bayarkan untuk satu kali klik pada iklan.

Ketika menggunakan iklan Shopee, kamu akan memiliki Ads Credit. Nah, dari Ads Credit inilah biaya bid tersebut akan ditarik setiap ada pengguna Shopee yang mengklik iklanmu.

Mungkin kamu jadi penasaran, bagaimana sistem perankingan iklan yang ditampilkan di hasil pencarian Shopee?

Shopee menentukan perankingan iklan ini berdasarkan dua hal, yaitu Bid Price dan Quality Score.

  1. Bid price adalah harga yang mau kamu bayar untuk sebuah klik.
  2. Quality score adalah skor kualitas iklan yang kamu tampilkan di Shopee. Faktor penentunya adalah keterkaitan produk dengan keyword yang dipilih, CTR (Click-Through Rate), dan CR (Conversion Rate) produk tersebut. Semakin tinggi CTR dan CR, maka semakin tinggi pula kualitas iklan kamu.

Apa yang menentukan CTR dan CR? CTR dan CR kamu bisa tinggi jika:

  • Gambar produk menarik, judul produk relevan dengan kata kunci, dan deskripsi produk menarik.
  • Rating produk tinggi
  • Review produk mayoritas bersifat positif
  • Harga kompetitif dengan produk lain
  • Toko kamu menawarkan voucher cashback, diskon, atau free shipping.

Di mana Shopee akan menampilkan iklan produk kamu? Nantinya, iklan kamu akan ditampilkan di hasil pencarian. Jadi, ketika suatu keyword diketikkan, Shopee akan menampilkan iklan yang sesuai dengan keyword tersebut. Urutan tampilan iklan didasarkan pada sistem perankingan Shopee yang sudah disebutkan di atas.

Shopee Discovery Ads

Dibandingkan Search Ads, Shopee Discovery Ads memang sedikit kurang efektif karena tidak langsung ditampilkan di hasil pencarian.

Iklan Discovery Ads biasanya akan ditampilkan ke publik di section lain dalam platform Shopee. Section yang dimaksud misalnya seperti:

  1. Daily Discover. Ini bisa kamu jumpai di homepage (Beranda) Shopee. Karena sifatnya ‘Daily’, produk-produk yang ditampilkan di sini akan berubah setiap harinya.
  2. You May Also Like, yaitu rekomendasi produk serupa yang biasanya ditampilkan di bagian bawah detail suatu produk atau di laman Order Success (laman yang muncul setelah kamu berhasil membeli sesuatu).
  3. Laman Shopee lain, misalnya seperti di Shopee Farm Game.

Sistemnya kurang lebih sama dengan Search Ads. Kamu akan menentukan keyword dan bid untuk iklan terkait, lalu menyediakan budget di Ads Credit. Ketika ada pengguna yang mengklik iklanmu, Shopee akan menarik dana dari Ads Credit.

Sistem perankingan iklan juga serupa dengan Search Ads. Artinya, iklan kamu akan ditampilkan berdasarkan:

  • Bid price
  • Quality score, yang ditentukan berdasarkan keterkaitan antara produk dengan keyword, CTR, dan CR.

Jadi, Sistem Ads Mana yang Menguntungkan?

Kedua sistem ads Shopee ini sama-sama menguntungkan dan bagus untuk meningkatkan product awareness. Akan tetapi, Search Ads lebih efektif untuk meningkatkan exposure iklanmu. Pasalnya, iklan Search Ads langsung tayang di hasil pencarian. Tidak seperti Discovery Ads yang tampil di laman-laman yang lebih ‘terselubung’ dan lebih mengandalkan pengguna untuk menemukan iklan tersebut.

Supaya publik bisa menemukan produkmu dengan lebih mudah, kamu bisa menggunakan dua jenis iklan ini secara bersamaan. Budget yang kamu perlukan memang lebih banyak, tetapi Return on Investment (ROI) yang kamu dapatkan pastinya worth it!

Gimana, sudah paham tentang Search Ads dan Discovery Ads? Atau justru makin bingung?

Kalau kamu perlu bantuan untuk memasang iklan Shopee maupun di e-commerce lain, kamu bisa menghubungi tim kami di Griity. Griity akan membantumu merencanakan Marketplace Ads dengan matang supaya penjualan kamu up terus!

Untuk info lebih lanjut, kunjungi website Griity di sini.

More to Read