Urus Iklan Marketplace: Freelancer atau Marketing Agency?

Share:

Beriklan di marketplace adalah salah satu strategi marketing yang bagus untuk meningkatkan penjualan. Tapi, belum tentu semua orang mampu mengoptimalkan kinerja iklan. Itulah mengapa beberapa seller mengandalkan freelancer maupun marketing agency untuk mengatasi segala persoalan terkait iklan marketplace.

Tertarik untuk melimpahkan tugas ini pada pihak ketiga? Sebelumnya, ketahui dulu kelebihan dan kekurangan masing-masing opsi.

Urus Marketplace Ads Sendiri, Pakai Freelancer, atau Marketing Agency?

Boleh dibilang iklan marketplace adalah senjata ampuh untuk mempromosikan barang atau jasa yang kamu tawarkan.

Dipersenjatai dengan teknologi canggih di mana pengguna bisa menyasar demografi tertentu, jenis iklan ini bekerja secara efektif untuk menarik minat calon pembeli yang tepat untuk produk atau layanan yang dipromosikan.

Meski begitu, advertising (apa pun jenisnya) butuh pengetahuan dan jam terbang cukup untuk mendapatkan hasil terbaik. Apalagi saat memasarkan dagangan kamu di marketplace, tentu ada tantangan tertentu yang memerlukan pendekatan khusus.

Sebelum kamu terburu-buru mencari jasa iklan marketplace, pertimbangkan dulu hal-hal berikut.

1. Promosi Sendiri

Kalau kamu baru mulai berjualan di marketplace atau punya modal pas-pasan, memasang iklan sendiri jelas merupakan pilihan terbaik. Kamu tidak perlu menganggarkan pengeluaran tersendiri untuk menyewa orang lain. Nah, dana tersebut nantinya bisa kamu jatahkan untuk keperluan lainnya.

Selain itu, kamu juga lebih leluasa menyesuaikan konten dan target beriklan. Karena semuanya dikerjakan sendiri, kamu pun bisa langsung mengecek kinerja iklan atau melakukan perubahan sewaktu-waktu masalah terdeteksi. Tidak ada lagi alur kerja yang berbelit-belit lewat perantara.

Kabar buruknya, pilihan yang satu ini cukup banyak menyita waktu. Mau tidak mau, kamu harus terus-menerus siap mencurahkan perhatian demi hasil yang optimal. Proses ini biasanya meliputi analisis data, optimasi strategi, dan memantau tren pasar, yang kesemuanya wajib dilakukan secara berkelanjutan.

Belum lagi kalau kamu tergolong pemula soal digital advertising. Kamu harus menyisihkan lebih banyak waktu untuk mempelajari cara beriklan yang benar agar terhindar dari risiko-risiko merugikan.

2. Freelance Marketer

Alternatif yang disarankan bagi kamu yang punya keterbatasan waktu dan keterampilan adalah dengan merekrut freelance marketerFreelancer umumnya mematok rate yang lebih rendah daripada marketing agency. Biaya yang mesti kamu keluarkan pun tidak sebanyak ketika mempekerjakan karyawan tetap.

Keuntungan lainnya adalah mereka biasanya bekerja dalam basis proyek. Jadi, kamu bebas mau scale up atau scale down mengikuti kebutuhan tanpa terikat komitmen jangka panjang. Proses rekrutmennya juga cepat, cocok kalau kamu butuh beriklan dalam waktu dekat.

Tapi, freelance marketer tidak selalu bisa kamu hubungi karena tidak jarang mereka bekerja dengan beberapa klien berbeda dalam satu waktu. Konflik pun rentan muncul karena keterbatasan jadwal mereka.

Belum lagi kalau si pekerja lepas tinggal di belahan dunia yang berbeda, menjalin komunikasi cukup membuat emosi. Yang tidak kalah penting adalah kualitas kerja freelancer yang beragam, sehingga kamu harus ekstra hati-hati saat membuat keputusan.

3. Marketing Agency

Opsi yang paling ideal yakni bermitra dengan agensi pemasaran.

Walau biayanya paling mahal di antara pilihan-pilihan lain, marketing agency menawarkan paket komplet. Marketing agency punya semua yang kamu butuhkan dalam satu atap, mulai dari strategi pemasaran, desain iklan, pembuatan konten, SEO, dan masih banyak lagi.

Lebih kerennya lagi, mereka punya akses ke tools canggih untuk menjamin hasil yang memuaskan. Nah, kamu tidak perlu menghambur-hamburkan uang untuk mengakses berbagai macam alat, apalagi sampai repot-repot belajar sendiri cara menggunakannya.

Ditambah lagi, agensi pemasaran punya data yang melimpah dari berbagai macam industri. Tidak heran mereka bisa menganalisa tren pasar, perilaku konsumen, serta menyarankan strategi-strategi yang paling sesuai untuk apa pun jenis bisnis kamu.

Kesimpulan

Kesimpulannya, setiap opsi ada plus dan minusnya masing-masing. Mana yang paling baik? Jawabannya adalah opsi yang pas di kantong dan sesuai dengan kondisi bisnis saat ini. Tapi, kalau kamu tertarik untuk mempercayakan segala urusan periklanan toko online kamu ke marketing agencyGriity hadir untuk kamu.

Di dukung oleh tim profesional yang akan mengatasi semua permasalahan kamu dengan cara-cara jitu, mulai dari persoalan biaya iklan di marketplace sampai menyelesaikan isu pelik seperti kenapa iklan tidak muncul di marketplaceHubungi kontak WA untuk mulai meluncurkan iklan marketplace yang tepat sasaran dan menghasilkan!

More to Read