Kalender E-commerce: Bantu Pasang Promo Tanpa Boncos

Share:

Kalender E-commerce atau kalender marketing merupakan tools yang dapat membantu kamu memetakan jadwal event promosi, durasi, dan hal lain terkait penjualan. Dengan begitu, bisnismu akan lebih tertata dan siap saat menjalankan promosi-promosi tanpa khawatir salah langkah dan berujung boncos.

Jika belum terbiasa dengan kalender pemasaran digital ini, maka kamu bisa menyimak informasi di bawah. Dengan begitu, kamu bisa memutuskan perlu tidaknya menggunakan kalender marketing 2024 dan tahun-tahun berikutnya.

Mengenal Kalender Pemasaran atau E-commerce

Kalender yang bisa juga disebut sebagai kalender promosi ini merupakan sebuah kalender yang berfokus mengenai tipe promosi apa yang akan dimasukkan oleh penjual. Di sana, kamu juga bisa memasukkan durasi atau masa berlaku promosi tersebut.

Kehadirannya bisa menjadi panduan untuk kamu agar bisa lebih mudah masuk ke dalam alur dalam dunia bisnis online. Dengan kalender, kamu tidak akan melewatkan berbagai peluang yang bisa meningkatkan penjualan.

Kamu bisa memanfaatkan tanggal kembar, hari gajian, libur nasional, maupun event-event lain untuk menjadi bagian dari kalender tersebut.

Jika mencari sendiri template yang berisikan jadwal terbaik untuk promo, kamu kemungkinan besar hanya akan menemukan template untuk kawasan Amerika atau negara barat lainnya. Oleh karena itu, jadwalnya kemungkinan besar tidak relevan dengan event-event yang ada di Indonesia.

Oleh karena itu, kamu bisa membuat atau mengelolanya sendiri agar lebih sesuai dengan keadaan di negara kita ini.

Nah, sebelum membuat kalender sendiri, ada beberapa hal yang perlu kalian persiapkan, seperti:

  • Media promo
  • Fitur promo e-commerce yang ingin kamu pakai
  • Konten yang ingin diunggah
  • Durasi promosi

Apabila kamu sudah menyiapkan hal-hal tersebut, maka selanjutnya proses perancangan kalender bisa dilakukan sendiri.

Menentukan Target yang Ingin Dicapai

Untuk menentukan waktu dan durasi promosi yang akan masuk ke dalam kalender, kamu harus tahu apa saja tujuan yang hendak dicapai. Dengan begitu, sistem promosi dan jadwalnya akan lebih masuk akal.

Beberapa target yang bisa kamu masukkan ke dalam pertimbangan saat membuat kalender adalah:

1. Meningkatkan Angka Penjualan

Jika tujuan adalah meningkatkan penjualan, maka cara yang tepat adalah dengan membuat promosi yang menarik. Dengan begitu, akan lebih banyak orang yang mau membeli produk kamu.

2. Menghabiskan Stok

Jika tujuanmu adalah menghabiskan stok, maka jenis promosi yang tepat adalah promo cuci gudang. Fitur promosi di e-commerce yang bisa kamu manfaatkan untuk tujuan ini adalah Kombo Hemat atau Paket Diskon.

3. Menambah Pengikut

Jika ingin menambah pengikut, maka kamu bisa memberikan voucher khusus bagi pengguna yang baru mengikuti akun toko.

Menentukan Tanggal untuk Promosi

Ketika menentukan tanggal yang akan kamu tandai di kalender sebagai waktu promosi, maka kamu bisa mengikuti beberapa tips untuk memilih waktunya ini yaitu:

1. Memilih Hari Besar

Hari besar tidak selalu terkait tanggal merah, namun juga bisa pada hari-hari perayaan yang cukup populer secara nasional maupun internasional.

Untuk hari besar nasional, kamu bisa memilih Idul Fitri, Natal, Tahun Baru, hari kemerdekaan, Imlek, dan lainnya.

Sedangkan untuk hari perayaan yang cukup populer secara umum adalah mother’s day, women day, international friendship, hari buku, dan sebagainya. Hari besar lain dalam e-commerce juga bisa berupa tanggal kembar dan lain-lain,

Nanti, pastikan agar produk yang kamu promosikan tetap relate dengan hari tersebut.

2. Pilih antara Tanggal 28-30

Pada umumnya, tanggal 28-30 di setiap bulannya merupakan waktu gajian para  pekerja. Kamu bisa memanfaatkan waktu tersebut sebagai ajang promosi, seperti diskon, cashback, giveaway, dan lainnya.

3. Pilih antara Tanggal 1-15

Nama lainnya adalah tanggal muda atau masa-masa orang-orang mulai melakukan transaksi atau merencanakan keuangan. Manfaatkan momentum ini karena keuangan setiap calon konsumen terhitung masih aman dan belum banyak pengeluaran.

Jika sudah tahu tujuan dan kapan waktu promosinya, kamu bisa segera mulai membuat kalender sendiri dengan melihat contoh kalender marketing yang tersebar di internet. Sehingga saat momen promosi datang, hasilnya bisa bagus dan tepat sasaran.

Tapi kalau kamu merasa kesulitan menentukan sendiri, manfaatkan saja layanan dari marketing agency Griity. Ada banyak layanan yang bisa kamu pilih untuk memaksimalkan bisnis dan meningkatkan growth, termasuk memanfaatkan kalender e-commerce. Hubungi kami sekarang untuk info lebih lengkap!

More to Read