Mengenal Search Ads: Jenis Shopee Ads yang Relate dengan SEM

Share:

SEM (Search Engine Marketing) merupakan sebuah strategi pemasaran dengan cara menampilkan iklan di search engine. Teknik marketing ini berbayar, berbeda dengan SEO yang gratis karena cukup mengandalkan penggunaan keyword dan optimasi di beberapa aspek.

Bisa dikatakan, menggunakan SEM sama dengan memasang iklan di search engine seperti Google. Uniknya, SEM tidak hanya bisa kamu jumpai di Google. Sebagai sebuah marketplace, Shopee pun punya SEM-nya sendiri.

Di Shopee, SEM masuk sebagai bagian dari Shopee Ads. Jenis Shopee Ads sendiri bermacam-macam. Ada yang berupa Search Ads (Iklan Pencarian Produk), Discovery Ads (Iklan Produk Serupa), Display Ads (Iklan Halaman Strategis), dan Shop Search Ads (Iklan Pencarian Toko).

Masih bingung apa perbedaan iklan-iklan di atas? Yuk, kenali lebih lanjut mengenai SEM Shopee di artikel berikut!

Jenis-Jenis Iklan di Shopee 

Sebagaimana disebutkan, ada empat jenis iklan yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan produk di Shopee. Iklan-iklan tersebut mencakup Search Ads, Discovery Ads, Display Ads, dan Shop Search Ads.

Search Ads (Iklan Pencarian Produk) adalah jenis iklan yang tampil di hasil pencarian ketika kamu mengetikkan keyword tertentu.

Jika dibandingkan dengan jenis iklan lain, Search Ads adalah jenis iklan yang efektif mendatangkan popularitas toko/produk melalui hasil pencarian.

Search Ads adalah jenis iklan yang paling mirip dengan SEM di Google. Pasalnya, jenis iklan ini muncul sebagai bagian dari hasil pencarian.

Discovery Ads (Iklan Produk Serupa) adalah jenis iklan yang tampil di bagian ‘Rekomendasi’, ‘Kamu Mungkin Juga Suka’, bagian bawah ‘Rincian Produk’, ‘Pesanan Sukses’, serta di bagian bawah ‘Keranjang Belanja’.

Display Ads (Iklan Halaman Strategis) adalah jenis iklan yang ditampilkan di bagian beranda. Karena lokasinya strategis, tidak heran jenis iklan ini sangat efektif dalam mendatangkan pembelian.

Shop Search Ads (Iklan Pencarian Toko) adalah jenis iklan yang akan menampilkan nama toko, beberapa foto produk dan harganya, serta promo yang bisa kamu dapatkan di toko tersebut.

Biasanya, Shop Search Ads bisa kamu temukan setelah melakukan pencarian menggunakan keyword tertentu. Akan tetapi, tidak semua keyword akan menampilkan iklan Shop Search Ads.

Mengingat bahasan ini berkaitan dengan SEM, pembahasan akan difokuskan ke Search Ads Shopee. Cari tahu selengkapnya di penjelasan berikut, ya!

Search Ads (Iklan Pencarian Produk)

Search Ads Shopee merupakan jenis iklan yang paling relevan dengan mekanisme SEM seperti di Google. Pasalnya, iklan akan langsung tampil di hasil pencarian ketika kamu melakukan pencarian menggunakan keyword tertentu.

Jika menggunakan jenis iklan ini, produk kamu akan ditampilkan di bagian teratas hasil pencarian. Karena itulah, pembeli bisa lebih mudah melihat produk yang kamu jual. Tentunya, ini bisa membantu meningkatkan potensi penjualan.

Bagaimana cara mengiklankan produk dengan Search Ads?

Mengiklankan produk dengan Search Ads Shopee sebenarnya tidak susah, kok. Berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan.

  1. Pertama, pilih produk yang ingin kamu iklankan. Lalu, pastikan nama, foto, serta deskripsi produk sudah kamu buat dengan baik.
  2. Tentukan keyword yang sesuai dengan produk. Kamu bisa memilih sendiri atau menggunakan fitur ‘Pilih Otomatis’ yang berarti Shopee akan memilihkan keyword yang sesuai.
  3. Tentukan Cost-Per-Click (CPC) / Biaya-Per-Klik. CPC adalah biaya maksimal yang akan kamu bayarkan ketika ada pengguna Shopee yang  mengklik iklanmu.
  4. Tentukan biaya dan periode iklan. Iklan kamu akan terpasang selama saldo kredit Shopee Ads masih ada dan periode iklan belum berakhir.

Bagaimana cara perhitungan biaya iklan?

Pada dasarnya, kamu hanya akan dikenakan biaya iklan ketika ada pengguna Shopee yang mengklik iklan. Biaya ini akan langsung dipotong dari saldo iklan (Credit) yang kamu miliki. Iklan akan berhenti tayang jika periode iklan atau saldo iklanmu sudah habis.

Di mana Search Ads akan ditampilkan?

Jika kamu mengakses Shopee via aplikasi, kamu akan melihat iklan di dua posisi terdepan pada halaman hasil pencarian. Setelah itu, satu iklan akan ditampilkan setiap tiga produk pada halaman hasil pencarian.

Bagaimana jika kamu mengakses Shopee via website? Iklan akan ditampilkan sebagai lima produk pertama serta lima produk terakhir pada laman hasil pencarian yang sama.

Perankingan iklan akan tergantung pada dua hal, yaitu:

  • Berapa besar bidding CPC yang kamu ajukan
  • Skor iklan. Aspek ini sangat dipengaruhi oleh Click Rate dan Conversion Rate. Iklan kamu akan memiliki dua jenis rate yang tinggi jika kualitas gambar, deskripsi produk, review pembeli, serta angka penjualan baik. Ada tidaknya promo (cashback, gratis ongkir, diskon, dsb.) dan harga yang kompetitif pun sangat berpengaruh terhadap raterate ini.

Sekarang sudah paham, kan, apa yang dimaksud dengan SEM khususnya di Shopee?

Sebagai simpulan, ada beberapa jenis iklan yang bisa kamu gunakan untuk memasarkan produk melalui Shopee. Dari beberapa jenis iklan tersebut, Search Ads (Iklan Pencarian Produk) adalah jenis iklan yang mirip dengan SEM di Google.

Memasang iklan ini memang cukup mudah. Akan tetapi, kamu butuh perencanaan yang matang agar iklan kamu efektif dan budget yang dipakai tidak sia-sia.

Perlu bantuan dalam merencanakan marketplace ads? Griity jawabannya!

Griity adalah agensi digital marketing yang bisa bantuin kamu membuat strategi marketplace ads yang efektif. Dengan pengalaman menangani marketing brand berbagai niche, Griity siap membantu brand kamu untuk tumbuh pesat juga.

Bersama Griity, banjir order bukan lagi mimpi!

Kamu bisa cek info mengenai marketplace ads Griity di sini.

More to Read