Jika kamu sudah biasa membuat blog, istilah SEO (Search Engine Optimization) tentunya sudah tidak asing lagi. SEO adalah salah satu trik non-iklan yang biasa digunakan pemilik blog untuk meningkatkan ranking website di mesin pencari seperti Google.
Menariknya, kamu juga bisa menggunakan SEO di Shopee, lho! Dalam kaitannya dengan jualan di Shopee, SEO berfungsi untuk membuat produk/toko kamu dijumpai lebih mudah menggunakan keyword tertentu. Dengan demikian, penjualan toko kamu bisa meningkat walaupun tanpa iklan.
Bagaimana, sih, menerapkan SEO di Shopee? Yuk, cari tahu selengkapnya di artikel berikut!
Cara Menerapkan SEO di Shopee
Nah, setelah mengetahui apa keuntungan menerapkan SEO di Shopee, kamu perlu tahu cara menerapkan SEO di Shopee. Salah satu poin penting penerapan SEO di Shopee adalah pemilihan keyword yang tepat untuk suatu produk.
Kuncinya, kamu perlu menempatkan keyword yang sering dipakai pengguna Shopee untuk mencari suatu produk tertentu. Misalnya, kamu menjual produk tas selempang pria. Kamu perlu menemukan keyword apa yang banyak dipakai pengguna untuk menemukan barang tersebut.
Maka dari itu, ketika mencari keyword, posisikan diri sebagai pengguna Shopee yang sedang mencari produk. Dengan cara ini, kamu bisa memperkirakan keyword apa yang dipakai pengguna Shopee ketika melakukan pencarian produk tersebut.
Supaya lebih jelas, kamu bisa terapkan step-by-step berikut ini untuk menerapkan SEO di Shopee.
1. Menemukan keyword yang sesuai dengan produk
Posisikan dirimu sebagai pengguna Shopee. Lalu, coba pertimbangkan keyword seperti apa yang akan dipakai pengguna untuk menemukan produk yang kamu jual.
Dengan keyword ini, nantinya kamu bisa menemukan lebih banyak keyword lain di kolom pencarian Shopee.
Misalnya, kamu menggunakan ‘tas selempang pria’ sebagai keyword awal. Coba ketikkan keyword ini di kolom pencarian, lalu tunggu hingga ada rekomendasi keyword yang muncul.
Dari keyword ‘tas selempang pria’, kamu bisa menemukan keyword rekomendasi sebagai berikut:
- Tas selempang pria kulit
- Tas selempang pria kecil
- Tas selempang pria anti air
- Tas selempang pria distro, dsb.
Pilih keyword yang sesuai dengan produk yang kamu jual. Misalnya, ‘tas selempang pria kulit’ jika produk kamu adalah tas selempang pria kulit.
Setelah itu, coba lihat produk-produk kompetitor dan intip bagaimana mereka memberikan nama produk sesuai keyword tersebut.
2. Menempatkan keyword
Nah, setelah menemukan keyword yang sesuai dengan produk, kamu perlu menempatkan keyword tersebut di informasi produk yang kamu jual.
Di mana kamu perlu menempatkan keyword? Agar efektif dan bisa meningkatkan kunjungan ke toko, keyword bisa kamu tempatkan di:
- Nama produk
- Deskripsi produk dan deskripsi toko
- File foto produk
Agar kunjungan ke toko meningkat, pastikan kamu menempatkan keyword relevan ke semua produk yang kamu jual.
Selain itu, ada beberapa hal lain yang bisa diterapkan untuk meningkatkan kunjungan pengguna ke toko online kamu.
- Menambahkan deskripsi toko
Untuk mengoptimalkan informasi toko, kamu bisa menerapkan langkah SEO ini untuk membuat deskripsi produk:
- Mencantumkan nama toko ditambah istilah seperti ‘Official Shop’ atau ‘Toko Online’.
- Sebutkan lokasi toko dan asal pengiriman.
- Tambahkan informasi jam operasional.
- Masukkan keyword yang relevan dengan produk yang dijual.
Hindari:
- Menggunakan hashtag, simbol, atau emoji.
- Terlalu banyak menempatkan keyword (spam).
- Menambahkan deskripsi produk
Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat deskripsi produk Shopee yang baik:
- Batasi nama produk maksimal 80 karakter.
- Sertakan informasi merek dan model produk.
- Sertakan keyword yang telah kamu pilih tadi di nama produk serta deskripsi produk.
- Pastikan memberi deskripsi produk secara akurat dan informatif. Jika memungkinkan, berikan informasi minimal 300 kata.
- Masukkan FAQ yang paling banyak ditanyakan.
- Masukkan produk kamu ke dalam kategori yang sesuai.
Hindari:
- Terlalu banyak menempatkan keyword (spam)
- Copy-paste deskripsi produk dari toko lain/sumber lain di internet.
- Mengunggah foto/video yang relevan dengan produk
- Gunakan foto/video yang relevan dengan keyword
- Pastikan kualitas foto/video yang digunakan baik
- Masukkan keyword dalam nama file foto
Hindari:
- Menggunakan foto yang kurang baik kualitasnya. Misalnya seperti foto buram, foto dengan gambar produk yang terpotong, dsb.
Gimana, mudah bukan? Supaya jualan makin laris, SEO adalah salah satu trik yang bisa kamu terapkan secara gratis. Untuk menerapkan SEO, kamu memang butuh ketelatenan karena hasil yang bisa didapat dari SEO tidaklah instan.
Nah, kalau kamu ingin meningkatkan kunjungan pengguna ke toko, salah satu cara cepatnya adalah beriklan di Shopee.
Kamu bisa berkolaborasi dengan tim kami di Griity untuk merencanakan marketplace ads Shopee yang lebih efektif. Griity akan bantuin kamu melakukan keyword targeting, optimasi SKU, hingga merencanakan budgeting untuk iklan.
Yuk, buat bisnis kamu makin meroket bersama Griity!