Event payday, double date, atau masa promo besar-besaran di marketplace adalah hal penting yang harus dipahami oleh para pelaku bisnis online. Sebab, jika salah langkah, bukannya untung, kamu malah bisa merugi. Entah karena orderan yang sepi atau rugi karena salah menetapkan harga.
Nah, untuk membantumu agar lebih jago lagi saat bertarung di event-event tersebut, maka kamu wajib membuat strategi agar target penjualan tercapai. Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa sudut pandang yang bisa kamu pertimbangkan untuk merumuskan strategi terbaik.
Mengenal Beberapa Event Promo Belanja Online di Indonesia
Ada beberapa periode waktu yang membuat traffic belanja online di Indonesia mengalami peningkatan tajam. Beberapa contohnya adalah tanggal kembar (double date), payday, hari besar keagamaan, dan sebagainya.
Event double date sudah pasti ada setiap bulannya, seperti 1.1, 2.2, dan puncaknya di 12.12. Di sana para pelaku bisnis dan konsumen sama-sama jor-joran untuk mencapai target masing-masing.
Buktinya pada laporan Nielsen pada 2022 lalu bahwa banyak orang yang membeli kebutuhannya pada tanggal kembar tersebut. Bahkan event ini mampu melampaui Black Friday dan Cyber Monday.[1]
Sementara itu, promo payday adalah diskon yang diberikan oleh pelaku bisnis ketika waktu-waktu konsumen menerima gaji. Dengan begitu, ketika event payday tersebut berlangsung, para konsumen secara otomatis membentuk perilaku berbelanja.
Untuk masa-masa promo lainnya, kamu tentu sudah memahami bahwa di tanggal merah atau perayaan khusus, rata-rata pemilik bisnis juga melakukan ini.
Perilaku Konsumen saat Event Promo
Sebelum menetapkan strategi payday dan waktu promo lainnya, kamu perlu memahami beberapa perilaku para calon konsumen terlebih dahulu. Dengan memahami consumer behaviour ini, kamu bisa merancang rencana penjualan dengan lebih baik.
Beberapa perilaku tersebut di antaranya adalah:
1. Calon Konsumen Melakukan Riset 4 Minggu sebelum Event Promo
Berdasarkan data yang dirilis oleh Think with Google pada tahun 2022 lalu, para calon konsumen ternyata sudah melakukan riset empat minggu sebelum event, terutama pada double date.[2]
Lalu dua minggu sebelum event, konsumen akan mulai membandingkan produk-produk sebelum memutuskan mana yang akan dibeli nantinya.
2. Konsumen Berbelanja di Beberapa Platform
Para konsumen tidak hanya berbelanja pada satu platform saja, karena mempertimbangkan beberapa hal.
Berbelanja di website resmi mendatangkan rasa percaya lebih tinggi, sedangkan marketplace menyediakan banyak opsi dan promo. Jadi, kamu harus siaga di dua pos tersebut.
3. Memanfaatkan YouTube dan Google Search untuk Riset
Ketika ingin menentukan produk yang akan mereka beli, konsumen akan menggunakan Google dan YouTube. Sebab dari kedua media tersebut mampu memberikan review yang lebih beragam dan jujur.
Strategi Event Payday, Double Date, dan Promo Lain bagi Penjual
Ketika kamu memutuskan untuk ikut serta meramaikan event-event di atas, maka penting menerapkan beberapa strategi agar hasil penjualan memuaskan. Beberapa di antaranya adalah:
1. Mempersiapkan Halaman Produk dan Katalog
Sebagai tempat pertama yang akan dikunjungi oleh calon konsumen, maka pastikan bahwa kamu sudah menata produk dengan benar. Lakukan hal ini jauh-jauh hari bahkan sebelum event. Ingat, berdasarkan riset, para konsumen sudah mulai melakukan riset empat minggu sebelumnya.
Setelah itu, jika memungkinkan, optimasilah katalog dengan memperbarui foto produk, deskripsi, hingga judul. Dengan begitu, calon konsumenmu bisa berpotensi menjadi konsumen sungguhan.
2. Hindari Waktu Logistik Sangat Ramai
Waktu pengiriman bisa menjadi telat ketika event double date dan lainnya, karena peningkatan yang membludak pada perusahaan logistic. Maka kamu bisa mengakalinya dengan mulai promosi lebih awal terhadap produk-produk dengan minat tinggi.
Hal itu akhirnya bisa meminimalkan risiko pengiriman terlambat ataupun hal lainnya. Karena konsumen puas, mereka pun akhirnya berpotensi belanja lagi ke tokomu.
3. Menganalisis Teknik Pesaing
Untuk menentukan tepatnya strategi yang kamu pilih, cobalah untuk menganalisis diskon atau promosi milik pesaing.
Jika teknik mereka bagus dan cocok untukmu, maka cobalah ikuti dengan melakukan penyesuaian. Sementara jika tekniknya tidak sesuai, maka jangan coba ikuti walaupun terlihat menarik.
Selain itu masih ada teknik lain yang bisa kamu ikuti. Karena bagi pemilik bisnis pemula hal ini cukup membingungkan, maka kamu bisa menggunakan jasa Griity. Kami merupakan digital marketing agency yang siap membantu agar penjualanmu di event promo tetap menghasilkan untung.
Kamu bisa memilih menggunakan layanan yang tersedia di laman ini. Jadi, tanpa payday dan promo lain sekali pun, orderanmu tetap lancar. Hubungi kami sekarang!