3 Cara Optimasi Iklan Shopee agar Produk Makin Laris

Share:

klan pencarian produk adalah satu dari lima jenis iklan Shopee. Dengan menggunakan iklan pencarian produk, seller Shopee dapat memasarkan produknya di posisi lima teratas pada halaman pencarian marketplace ini. Untuk hasil promosi maksimal, simak selengkapnya cara optimasi iklan Shopee berikut ini!

3 Cara Mengoptimalkan Iklan Shopee supaya Untung Maksimal

Cukup mudah untuk mengoptimasi iklan Shopee. Berikut cara yang bisa kamu lakukan.

1. Tentukan Kata Pencarian yang Relevan dengan Produk

Pertama, kamu bisa gunakan kata-kata yang memang ada hubungannya dengan produkmu. Bukan cuma itu, sebaiknya review dan update secara rutin daftar kata pencarian yang sesuai dengan tren konsumen dan kondisi pasar terkini.

Pemilihan kata-kata produk ini sering disebut dengan kata kunci. Tentunya, menggunakan cara ini bukanlah tanpa dasar. Karena kalau lihat algoritma pencarian Shopee. Ia bekerja berdasarkan kecocokan antara kata kunci dan produk.

2. Manfaatkan Fitur Iklanku

Selain menggunakan kata kunci terkait untuk optimasi iklan Shopee, kamu juga bisa memanfaatkan fitur “Iklanku”. Iklanku Shopee dirancang untuk mendongkrak exposure produk kamu.

Yang paling menarik dari fitur ini adalah sistem pembayarannya yang berupa pay-per-click (PPC). Artinya, kamu baru dikenakan biaya ketika calon pembeli mengklik produk yang diiklankan melalui promosi tersebut.

Cara menggunakannya tidak susah, cukup ikuti step by step di bawah ini:

  1. Akses Seller Center di https://seller.shopee.co.id/, masuk ke akun kamu.
  2. Untuk membuat ad campaign baru, pilih “Iklan Shopee” lalu klik “+ Buat Iklan Baru”.
  3. Atur jenis iklan dengan klik “Iklan Pencarian”, dilanjutkan dengan klik “Produk” untuk tipe promosi.
  4. Pilih salah satu pilihan anggaran sesuai kesanggupan, apakah itu “Tanpa Batas” atau “Tentukan Modal” apabila kamu ingin mengatur sendiri nominalnya. Jangan lupa untuk mengatur durasi penayangan iklan. Pilih antara “Tanpa Batas Waktu” atau “Tetapkan Tanggal Mulai/Selesai”.
  5. Cek kembali semua informasi yang kamu masukkan. Jika sudah benar, pilih produk yang mau kamu iklankan.
  6. Klik “Konfirmasi”.
  7. Terakhir, masukkan kata kunci dengan mengaktifkan menu “Pilih Manual”. Terapkan tips pada poin nomor 1 supaya iklan muncul di kata kunci sasaran.

3. Perhatikan Kaidah SEO

Cara pasang iklan di Shopee yang efektif tidak terbatas pada otak-atik iklan itu saja. Supaya iklan makin efektif, perlu dibarengi juga dengan penerapan SEO (Search Engine Optimization). Singkat kata, SEO adalah metode optimasi konten untuk meningkatkan visibilitas di mesin pencari.

Teknik SEO bisa kamu aplikasikan di bagian-bagian berikut:

Deskripsi Toko

Bagian ini hendaknya berisi kata kunci terkait serta memberikan informasi yang jelas dan rinci tentang produk-produk yang kamu jual. Misalnya, “Jual Pakan Kucing Murah dan Vitamin Kucing Berbagai Merek di Surabaya dan Sekitarnya”.

Batas maksimal deskripsi toko adalah 500 karakter. Meski begitu, selalu utamakan kejelasan dan relevansi daripada banyak-sedikitnya karakter yang kamu gunakan.

Nama Produk

Saat menamai produk, jangan lupa untuk memasukkan kata kunci terkait. Gunanya supaya mesin pencari Shopee bisa mendeteksi produk dengan mudah.

Selain itu, posisikan diri sebagai pembeli. Bayangkan kira-kira kata kunci apa yang akan mereka masukkan saat mencari produk serupa. Karena batas maksimal nama produk adalah 80 karakter, hindari kata-kata yang tidak perlu.

Dan yang terpenting, kalau merek produk kamu sudah terkenal, cantumkan juga di kolom nama untuk meningkatkan brand recognition.

  • Contoh benar: Makanan Kucing Dewasa Murah 1 Kg
  • Contoh salah: Excel Mother and Kitten Makanan Kucing Murah 1 Kg

Deskripsi Produk

Dalam mendeskripsikan produk, jelaskan secara terperinci fitur utama dan kelebihan produk. Sertakan juga dimensi, bahan, dan spesifikasi lainnya yang calon pembeli wajib ketahui. Jika ada, beri instruksi cara menggunakan produk. Informasi ini penting khususnya untuk produk dengan fungsi atau fitur yang unik.

Lagi-lagi, jangan lupa masukkan kata kunci yang sesuai secara alami ke dalam deskripsi produk. Dengan begitu, calon pembeli akan lebih gampang menemukan produk kamu di hasil pencarian.

Kesimpulan

Jadi, seperti itulah tiga cara pasang iklan di Shopee yang bisa kamu coba. Selain ketiga tips tadi, kamu juga bisa bekerja sama dengan marketing agency seperti Griity supaya toko makin ramai pembeli.

Agensi pemasaran memiliki tim profesional yang berpengalaman di bidang strategi marketplace ads, bahkan untuk platform seperti Shopee. Alhasil, kamu bisa membuat Shopee Ads yang lebih efektif.

Nah, jika kamu tidak ingin repot mempraktikan sendiri cara optimasi iklan Shopee di atas, atau ingin mendapatkan hasil yang lebih memuaskan, hubungi kami sekarang di 0898-9479-700.

More to Read