5 Jenis Iklan Shopee, Fungsi, dan Kelebihannya

Share:

Beriklan di Shopee merupakan salah satu strategi pemasaran yang bagus untuk meningkatkan penjualan toko. Tapi, kamu wajib tahu ragam jenis iklan Shopee sebelum mulai beriklan dengan media ini. Tujuannya agar kamu bisa sepenuhnya memaksimalkan keunggulan dari masing-masing jenis.

Inilah jenis iklan di Shopee dan fiturnya.

5 Jenis Iklan pada Shopee dan Kelebihannya

Berdasarkan lokasinya, Shopee Ads terbagi menjadi lima macam, yaitu:

  1. Iklan halaman strategis
  2. Iklan produk otomatis
  3. Iklan pencarian produk
  4. Iklan pencarian toko
  5. Iklan produk serupa

Adapun penjelasan iklan Shopee untuk setiap jenisnya adalah sebagai berikut:

1. Iklan Halaman Strategies

Tangkapan layar beranda Shopee di website
Tangkapan layar beranda Shopee di website

Fungsi dari iklan halaman strategis adalah untuk meng-highlight toko dan/atau produk kamu melalui tampilan visual yang mencolok. Iklan ini muncul di bagian yang paling banyak dilihat di platform ini, alias di beranda Shopee.

Iklan halaman strategis memiliki sejumlah keunggulan yang patut kamu pertimbangkan, seperti:

  • Maximum exposure karena iklan berada di area dengan traffic tertinggi
  • Penempatan banner di lokasi terbaik
  • Tampilan iklan yang menarik meninggalkan impresi mendalam pada calon pembeli

2. Iklan Produk Otomatis

Tangkapan layar contoh iklan produk otomatis di website Shopee
Tangkapan layar contoh iklan produk otomatis di website Shopee

Boleh dibilang kalau contoh iklan Shopee yang satu ini adalah yang paling praktis dari jenis-jenis lainnya. Sesuai namanya, iklan ini secara otomatis mempromosikan produk tanpa kamu harus repot mengatur ini-itu. Iklan produk otomatis muncul di beranda, halaman hasil pencarian, dan halaman detail produk.

Tapi, untuk sementara cuma seller tertentu yang dapat menikmati kecanggihan fitur iklan ini, alias seller yang menunjukkan kinerja toko dan tingkat pesanan baik. Begitu Shopee menunjuk toko kamu sebagai toko trusted yang berhak mencoba iklan ini, kamu dapat menikmati deretan manfaat berikut:

  • Efisien waktu dan tenaga bagi seller Shopee berkat otomatisasi iklan
  • Penempatan iklan lebih tersebar
  • Mendongkrak daya beli secara optimal

3. Iklan Pencarian Produk

Tangkapan layar contoh iklan pencarian produk di website Shopee
Tangkapan layar contoh iklan pencarian produk di website Shopee

Selanjutnya, ada pula iklan pencarian produk yang dirancang untuk memamerkan produk toko kamu di posisi teratas pada halaman hasil pencarian. Dengan kata lain, calon pembeli akan menjumpai iklan ini saat mereka memasukkan keyword tertentu yang berkaitan dengan produk kamu.

Tidak peduli sejauh apa pembeli men-scroll hasil pencarian, mereka akan tetap menemukan produk kamu di antara pilihan-pilihan lainnya.

Keuntungan terbesar dari menggunakan iklan pencarian produk adalah:

  • Tingkat CTR (click-through rates) lebih tinggi
  • Exposure lebih tertarget dengan memanfaatkan keyword
  • Cocok untuk toko yang normalnya tidak bisa menempati peringkat teratas hasil pencarian secara organik

4. Iklan Pencarian Toko

Tangkapan layar contoh iklan pencarian toko di website Shopee
Tangkapan layar contoh iklan pencarian toko di website Shopee

Berbeda dari iklan pencarian produk, iklan pencarian toko menampilkan nama toko, voucher, serta produk kamu yang berkaitan dengan keyword tertentu.

Contohnya, katakanlah kamu menjual furnitur dan keyword yang ingin kamu target adalah “lemari baju”. Maka, setiap calon pembeli yang mencari perabotan tersebut akan melihat nama toko kamu terpampang di hasil pencarian tersebut.

Tapi, sama seperti iklan produk otomatis, jenis iklan ini masih tersedia khusus untuk trusted seller saja.

Gunakan iklan pencarian toko kalau kamu mau:

  • Traffic langsung ke toko
  • Promosi yang lebih menyeluruh
  • Opsi customization yang lebih bervariasi

5. Iklan Produk Serupa

Tangkapan layar contoh iklan produk serupa di website Shopee
Tangkapan layar contoh iklan produk serupa di website Shopee

Jenis terakhir adalah iklan produk serupa. Cara kerjanya yakni dengan memanfaatkan buying dan searching history pengguna. Maka, tidak heran kalau iklan ini ada di bagian seperti “Kamu Mungkin Juga Suka” dan “Rekomendasi” berupa produk yang pernah pengguna beli sebelumnya.

Sementara itu, posisi pastinya bervariasi tergantung algoritme Shopee berdasarkan faktor engagement dan conversion. Menggunakan iklan produk serupa juga tidak kalah menguntungkan bagi seller, karena:

  • Hemat budget untuk marketing
  • Lokasi iklan lebih dinamis karena mengikuti performa
  • Iklan lebih relevan dengan preferensi calon pembeli

Bonus: Manfaatkan Fitur Iklanku untuk Beriklan di Shopee

Tangkapan layar statistik penggunaan Iklanku Shopee
Tangkapan layar statistik penggunaan Iklanku Shopee

Kalau kamu baru saja mulai berjualan, tidak ada salahnya untuk melirik Iklanku Shopee. Yang bikin media promosi ini beda dari yang lain adalah kamu tidak perlu mempersiapkan modal terlalu banyak di awal.

Ini karena pembayarannya berupa model pay per click (PPC). Nah, kamu baru membayar ketika ada calon pembeli yang mengklik iklan kamu.

Satu-satunya hal yang perlu kamu perhatikan adalah pemilihan keyword yang tepat, supaya iklan benar-benar muncul di bagian atas hasil pencarian dan terkonversi menjadi penjualan.

Nah, itulah macam-macam jenis iklan Shopee yang bisa kamu pilih. Bingung mana yang paling cocok buat toko kamu? Tenang, Griity siap membantu. Mulai dari memilih jenis iklan yang tepat sampai iklan siap meluncur, semuanya seputar marketplace ads bisa kami atur. Yuk, hubungi Griity sekarang di 0898-9479-700.

More to Read