Kamu baru pertama kali membuat bisnis? Tentu ada banyak hal yang harus konsisten dipelajari agar nantinya usaha tersebut tidak sekadar balik modal, namun juga menguntungkan. Ya, kan? Nah, untuk kamu yang masih pemula, ada baiknya kamu mempertimbangkan menggunakan iklan dalam bisnis tersebut.
Jangan merasa membuat konten atau mengelola media sosial saja sudah cukup untuk membuat bisnis cepat dikenal oleh calon konsumen. Meskipun bisa, namun keduanya membutuhkan waktu yang lama. Untuk mengiringinya, ads digital marketing bisa menjadi seperti booster untuk usaha kamu.
Nah, memangnya seberapa penting sih, iklan itu sampai kamu perlu menggunakannya? Yuk, cari tahu peran iklan dalam bisnis baru di sini!
Penyebab Banyak Pemilik Bisnis Tidak Menggunakan Iklan
Sebelum kita masuk pembahasan tentang pentingnya iklan dalam digital bisnis, mari bedah dahulu alasan para business owner jarang mempertimbangkan untuk menggunakan iklan berbayar.
1. Merasa Keren jika Endorse Influencer Tertentu
Beberapa pemilik bisnis merasa harus memakai jasa influencer tertentu karena dapat membuat brand terlihat lebih keren. Padahal, urgensinya bisa dibilang kurang. Tujuan utama dari bisnis adalah penjualan, bukan sekadar keren atau pernah masuk konten influencer A.
2. Agensi Influencer yang Menawarkan Hasil Instan
Saat ini banyak agensi influencer menjanjikan hasil yang instan kepada pemilik bisnis. Ditambah lagi, jumlah agensi influencer kini jauh lebih banyak dibandingkan agensi ads, mengingat proses kerja dan setting up-nya pun relatif mudah.
Ini yang membuat para owner pemula jadi percaya, sehingga langsung menggunakan jasa influencer, alih-alih mempertimbangkan iklan. Padahal, jika sudah teredukasi, kamu akan merasa lebih butuh iklan di awal-awal bisnis ini.
3. Merasa Dampak Social Media Post Lebih Besar
Banyak masih merasa bahwa jika views atau impresi konten bagus, maka penjualan pasti meningkat. Padahal tidak selalu seperti itu, karena semua ada prosesnya.
Alasan Kamu Harus Membuat Ads Terlebih Dulu
Dibandingkan influencer, media sosial, atau konten yang cukup populer di kalangan pengguna internet, kamu mungkin bertanya-tanya mengapa kami menyarankan untuk menggunakan iklan terlebih dahulu.
Dengan itu, beberapa pertanyaan di bawah juga kemungkinan terlintas di pikiranmu:
- Untuk membuat iklan, kan, juga butuh konten di dalamnya?
- Memakai jasa KOL atau influencer bisa bikin budget promosi lebih murah, kan? Sedangkan untuk memakai Ads, juga butuh dana yang besar.
- Kalau saya jualan di marketplace, gimana caranya melihat impact dari ads itu?
Untuk mendapat jawaban semua pertanyaan itu, coba simak beberapa poin di bawah ini.
1. Impact Iklan Lebih Terstruktur karena Berdasarkan Data
Dengan menggunakan ads, kamu bisa mengukur berbagai aspek dengan lebih mudah dan impactful, karena memang ada data yang disajikan. Sementara jika menggunakan konten sosmed, akan kurang relate atau tidak terpenuhi.
Kalau kamu menggunakan influencer, maka akan terkesan menebak-nebak karena yang terlihat adalah impact terhadap postingan si influencer. Ingat, impact besar di postingan influencer belum tentu memberikan dampak terhadap penjualanmu.
2. Bisa Kamu Jalankan Sendiri
Kebutuhan tim akan lebih besar jika kamu menggunakan influencer, terutama jika bekerja sama dengan banyak pihak.
Sementara untuk menggunakan ads, kamu bisa belajar cara menggunakannya sendiri bersama tim internal, bahkan tidak perlu hire orang untuk mengelolanya.
Sekalipun kamu mengiklankan produk di marketplace menggunakan anggaran dana yang terbatas, ROI (Return of Investment) dari sini masih tergolong tinggi daripada menggunakan beberapa metode lain.
Sebab, ketika orang sudah membuka marketplace, rata-rata mereka yang mereka cari adalah produk khusus. Hal ini pun sama konsepnya ketika menggunakan Google untuk menemukan informasi yang kamu inginkan.
Nah, dengan masuknya ke marketplace, berarti sudah ada ketertarikan dari calon konsumen. Nanti kamu tinggal mengatur iklannya sesuai dengan produk yang dijual.
Sementara jika menggunakan media sosial, konten, atau influencer, ROI-nya tidak akan datang secepat itu.
Dengan semua penjelasan di atas, kamu mungkin jadi makin paham bahwa iklan, khususnya di media sosial dan marketplace, adalah solusi yang tepat jika bisnismu masih baru dan budget terbatas.
Kalau kamu ingin hasil yang cepat namun belum tahu cara pasang iklan dengan efektif, jangan khawatir! Kamu bisa menggunakan jasa Marketplace Ads profesional. Griity adalah digital marketing agency berpengalaman yang akan membantu kamu membuat ads yang tepat sasaran, untuk meningkatkan hasil penjualan dengan budget yang efektif.
Nah, kalau kamu sudah menyadari seberapa besar peran iklan dalam bisnis, segara hubungi Griity dan konsultasikan kebutuhan bisnismu sekarang!